Manusia dan Tanggung Jawab Dunia akhirat

[ MANUSIA DAN TANGGUNGJAWAB AKHIRAT ]



Dunia dibentuk ada awalnya,
Dan pasti juga ada Akhirnya.
Kita hanya manusia biasa,
Tidak tau kapan sirnanya.

Bila mentari 'tlah terbit dari ufuk barat,
Itulah yang disebut hari kiamat.
Alam dunia 'tlah tamat,
Berganti dengan alam akhirat.

°° Hey pernah gak kalian berpikir, "Apa ya tujuan aku hidup di dunia ini? Untuk apa ya aku diciptain? Apa ya tugasku di dunia ini?
Pernah mikir gitu? Berarti kita sama.
.
Sebagai manusia emang penting  bagi kita untuk dapat memahami, sebenarnya sebagai manusia, apa sih tugas dan tujuan hidup kita?
.
Pengen cepet lulus kuliah, kerja biar kaya raya, mapan, punya rumah, nikah, punya anak, keliling dunia?
.
Mungkin itu yg ada dibenak kita. Kita terlalu banyak punya plan plan hidup didunia hingga kita lupa mempersiapkan plan plan apa ajasih yang bisa kita siapkan untuk bekal akhirat kita. Gimana nih targetan tilawah hariannya jalan gak? Qiyamul Lail apa kabar? Dhuha dhuha? Masih inget gak.. Dzikir? Istighfar? Udah tiap hari kan ya.. Sholat 5 waktu aman? Diawal waktu?
Yupss, hidup itu gak cuma mempersiapkan bekal utk hidup sukses didunia kan guys? Pernah berfikir gak? kalau seumpama nih ditengah-tengah jalan menuju mengejar dunia itu kita mati di usia muda. Karena maut kan gak ada yang tau ya.. beberapa waktu ini jg muncul berita berita baik dikalangan artis maupun kalangan temen kita sendiri bahwa maut itu tak mengenal usia dan permisi datangnya. Ngeri ya  kalau inget kematian.
.
Nah coba deh kita muhasabah bersama kita merenung bersama. Bahwa sejatinya kita hanyalah hamba. Hamba yang diciptakan bukan tanpa alasan dan bukan tanpa tujuan. Tapi Allah menciptakan kita dengan penuh tujuan dan untuk membuat perubahan yg lebih baik. Bukankah Allah SWT udah berfirman ya dalam QS. Ads-dzariyat:56 yang bunyinya:
"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahku".
.
Disitu jelas banget bahwa kita manusia diciptakan dengan penuh tujuan. Untuk apa? Untuk beribadah dimuka bumi dan utk menjadi seorang KHALIFAH. Seorang yg dipercaya sama Allah SWT, meski malaikat mempertanyakan dan meski iblis menentang. Gunanya biar kita manusia bisa menghadirkan kebermanfaatan diatasnya. Udah nemu pointnya?
Yupss!!
Jadi tugas dan tujuan kita sbg manusia adalah untuk menjadi sebaik-baiknya makhluk yang dapat memakmurkan bumi ini, bukan menghancurkan bahkan membinasakannya°°

°°Wahai manusia..,
Siapkan bekalmu mulai sekarang,
Agar tidak menyesal di hari kemudian.

Buya Hamka

°°Ingatlah kawan bahwasanya masih ada hidup setelah ini.. entah kapan kita akan kembali cukup menjadi rahasia illahi.. Cukuplah kita menyeimbangkan diri antara menyukseskan kehidupan akhirat dan duniawi. Seimbang diantara keduanya pasti lebih baik..
Barangsiapa kamu mengejar akhirat.. maka dunia akan mengikutimu..
.
Mantabkan tujuan.. Yok berubah buat jadi lebih baik.. Semangat..
“Khoirunnas anfa'uhum linnas”. Artinya : Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. (HR Ahmad)
°
°
°
Selamat menjadi bermanfaat teruntuk kalian dimanapun kamu berada..


__________
#bawaperubahan
#sepotongepisode_er
#mudamendunia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIFE IS FULL OF CHOICES

Rasa yang tepat diwaktu yang salah